Ciri harta yang tidak barokah atau berkah

13 November 2017 - Kategori Blog

๐ŸŒนCIRI HARTA YANG TIDAK BAROKAH๐ŸŒน

Embun Pagi edisi 227

Ciri Harta Yang Tidak Barokah – Apakah rezeki yang berkah itu? Rezeki yang berkah adalah rezeki yang bertambah dan mengandung manfaat dan kebaikan di dalamnya. Sementara rezeki yang tidak berkah adalah sebaliknya, bertambah tapi tidak memiliki manfaat atau kebaikan di dalamnya seperti berikut ini:

.
โœ…ย Membawa penyakit

Ciri Harta Yang Tidak Barokah – Jika terlalu sering kena penyakit, kemungkinan rezeki kita tidak berkah. Rezeki yang diperoleh dari hasil bekerja dipergunakan untuk memberi makan tubuh yang memang kita perlukan untuk hidup. Makanan yang kita makan setiap hari akan menumbuhkan dan mengganti sel-sel tubuh yang rusak. Sari-sari makanan akan menjadi darah, otak, tulang belulang dan organ tubuh lainnya. Jika makanan yang dimakan sumbernya dari harta yang diperoleh secara haram akan mempengaruhi kondisi tubuh dan melemahkan daya tahan tubuh terhadap penyakit. Allah SWT menyebut harta haram pada surah Al Maidah ayat 100 di atas sebagai Khabits, menunjukkan sesuatu yang menjijikkan seperti kotoran dan bangkai busuk serta tidak pantas untuk dikonsumsi karena akan merusak tubuh.

ciri harta yang tidak barokah
โœ…ย Tidak membawa ketenangan

Ciri Harta Yang Tidak Barokah – Secara mentalitas dan psikologis harta mampu mempengaruhi hati manusia. Seseorang yang selalu merasa gelisah, was-was tanpa sebab kemungkinan rizki yang diperolehnya tidak berkah. Terkait dengan cara memperolehnya yang tidak memikirkan halal atau haram. Jika perolehan harta berasal dari hasil kerja yang tidak baik – syubhat, makruh, haram akan menuntun pemiliknya jadi rakus dan kejam, mengalami kebutaan hati nurani karena tidak mampu membedakan yang halal dan haram. Gelisah dan was-was jika perbuatannya di ketahui orang banyak tapi tidak takut padahal Allah melihat.

.
โœ…ย Sulit dipakai taat pada Allah SWT

Seperti dikemukakan di atas bahwa rezeki haram tidak bisa dipakai untuk taat kepada Allah SWT. Harta yang diperoleh dari jalan yang haram tidak akan diterima Allah karena Allah hanya menerima yang baik. Apa jadinya harta yang banyak jika hanya mendorong kearah kemaksiatan dan menjauhkan rahmat Allah SWT? Mungkinkah tubuh yang memakan makanan haram, ditutupi pakaian haram mampu mempersembahkan nilai yang baik di sisi Allah SWT? Tentu tidak!

Semoga kita adalah bagian dari orang yang mendapatkan rezeki berkah. Janganlah kita berjalan dengan menyombongkan diri di muka bumi karena amat mudah bagi Allah untuk mengambil apa saja yang ada pada diri kita. Semua itu hanya titipan. Wallahu alam.

Semoga Allah SWT senantiasa membimbing dan melindungi kehidupan kita semua. Aamiin



*Griya AlQur.an ArRahman. Purwokerto*๐Ÿ–Š
๐Ÿ’™ Griya Satria Bantarsoka Blok Y 10 Rt 5/Rw 10 kel Bantarsoka Purwokerto Barat
โ˜Ž WA/Tlp: 08122739743
๐Ÿ’šKang Machfulyono
:๐Ÿ’œ๐Ÿ’š๐Ÿ’›๐Ÿ’™๐Ÿ’š๐Ÿ’›๐Ÿ’œ๐Ÿ’™๐Ÿ’›๐Ÿ’š

Dapatkan Diskon
Daftar newsletter